Peduli Sampah, Dinas Lingkungan Hidup Edukasi 3000 Pelajar di Muba

Penangangan sampah hingga saat ini masih menjadi permasalahan yang kompleks, berbagai cara terus dilakukan dalam menangani masalah sampah.

Seperti yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dengan melakukan 5 progam dalam menangani sampah.

Sekretaris Bulir Sriwijaya, Lely Mela Sari, mengatakan pihaknya bersama DLH Kabupaten Muba mempunyai program dimana peduli akan sampah, hal ini menindaklanjuti surat edaran nomor SE. 1/MenLHK/PSLB3/ PLB0/1/2018 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

“Ya, kita bersama DLH Muba berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan berbagai program dan kegiatan yang ada,” kata Lely, diruang rapat DLH, Rabu (21/2/18).

Adapun program yang dilakukan yakni dengan melakukan peluncuran kampung kelola sampah sekaligus edukasi masyarakat mengenai sampah.

Melakukan edukasi kepada 3000 pelajar SD, SMP, SMU tentang kelola sampah, gerakan bersih sampah pasar tradisional.

“Nanti kita akan melaksanakan Car Free Day dikuti gerakan gotong royong pungut sampah, dan gerakan bersih sampah pada Kantor/Instansi Pemerintah, Swasta, Taman, Terminal, Kawasan Pemukiman dan sarana publik lainnya.

Berbagai kegiatan di atas merupakan rangkaian kegiatan dari program peluncuran Muba Bersih Sampah 2018 dan akan dilakukan pada 9 Maret 2018 di Sekayu,” ujarnya.

Sementara, Plt Kepala DLH Muba, Andi Wijaya Busro, mengatakan bahwa Kabupaten Muba terpilih sebagai kabupaten penyelenggara gerakan peduli sampah dari 6 Kabupaten di seluruh Indonesia.

“Kita berharap dengan diluncurkannya Program Muba Bersih Sampah 2018 akan menjadi kegiatan berkelanjutan dan terintegrasi.

Kita juga akan berkolaborasi dengan dinas yang ada agar peran dalam upaya mengatasi persoalan sampah di Muba benar-benar teratasi sehingga Muba menjasi kabupaten yang benar-benar bersih, hijau dan berwawasan lingkungan,”ungkapnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.